Venue Map

Contact us






Open Panel

Manfaat Daging Sapi Bagi Tubuh Manusia

Daging sapi mempunyai gizi tinggi, rasa enak dan bermanfaat bagi tubuh manusia apabila dagingnya baik dan sehat.

Daging sapi sangat disukai karena mempunyai gizi tinggi dan rasanya enak serta gurih. Masyarakat Indonesia biasa memasak daging sapi dengan berbagai ragam masakan yang dapat merangsang selera makan. Daging sapi bergizi tinggi, bermanfaat bagi tubuh manusia dan mempunyai rasa enak hanya diperoleh dari daging yang baik dan sehat.

Tanda-tanda daging sapi yang baik dan sehat
- Ada cap rumah potong hewan (RPH) yang menunjukkan bahwa daging sapi berasal dari sapi yang sehat, layak potong, dan disembelih dengan cara yang benar.
- Daging berwarna alamiah, yaitu merah sedikit kekuningan.
- Berbau khas daging sapi.
- Terlihat kenyal dan padat.
- Daging berserat halus dan sedikit berlemak.
- Lemak berwarna kekuningan.

Daging sapi yang jelek dan tidak sehat
Daging sapi yang jelek berarti tidak sehat dan tidak boleh dikonsumsi/dimakan, karena akan berpengaruh jelek bagi tubuh manusia. Tanda-tanda daging yang sudah jelek sebagai berikut: warna kebiruan, berbau busuk (rusak), lemak sudah lembek, berlendir, dihinggapi lalat, dan tempat penjualannya kotor.

Pengawetan daging sapi
Untuk mendapatkan daging sapi yang baik dan sehat perlu dilakukan pengawetan, dengan tujuan memperlambat atau mencegah kerusakan/pembusukan yang menyebabkan menurunnya mutu/kualistas daging sapi. Salah satu cara pengawetan daging sapi ini dapat dilakukan dengan pendinginan.

Pendinginan dilakukan segera setelah hewan disembelih, agar tidak cepat busuk, caranya: daging disimpan dalam ruang bersuhu 2-4 derajat (2-4o) dibawah 0 derajat Celsius (0o C), daging akan tahan selama 6 (enam) hari. Sedangkan pembekuan dilakukan dengan cara: daging disimpan dalam suhu 20-30o dibawah 0o C, daging akan tahan untuk beberapa waktu lebih dari 6 (enam) hari.

Kandungan zat gizi daging sapi
Gizi adalah zat atau senyawa kimiawi yang terdapat dalam pangan yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan manusia. Setiap bahan pangan mempunyai kandungan zat gizi yang berbeda-beda baik jumlah maupun jenisnya. Bahkan sesama bahan panganpun ada yang berbeda jumlahnya, misalnya untuk daging sapi mempunyai kandungan protein paling tinggi dibanding dengan daging hewan lainnya. Menurut Departemen Kesehatan (1981), setiap 100 gram daging sapi mengandung kalori 207 kkcl, protein 18,8 gram, lemak 14,0 gram, calcium 11 mg, phosphor 170 mg dan besi 2,8 mg.

Manfaat daging sapi bagi tubuh manusia
Setiap 100 gram daging sapi mengandung protein 18,8 gram. Protein dari daging sapi ini disebut protein hewani yang mempunyai struktur asam amino yang mirip dengan manusia, tidak dapat dibuat oleh tubuh (essensial), susunan asam aminonya relatif lebih lengkap dan seimbang. Daya cerna protein hewani lebih baik dibanding dengan protein nabati (dari tumbuh-tumbuhan). Pada tubuh makluk hidup seperti manusia, protein merupakan penyusun bagian besar organ tubuh, seperti: otot, kulit, rambut, jantung, paru-paru, otak, dan lain-lain. Adapun fungsi protein yang penting bagi bagi tubuh manusia, antara lain untuk: 1) pertumbuhan; 2) memperbaiki sel-sel yang rusak, 3) sebagai bahan pembentuk plasma kelenjar, hormone dan enzin; 4) sebagian sebagai cadangan energi, jika karbohidrat sebagai sumber energi utama tidak mencukupi; dan 5) menjaga keseimbangan asam basa darah.

Anak-anak yang sering memakan bahan pangan yang mengandung protein hewani akan terlihat tumbuh cepat, mempunyai daya tahan tubuh kuat, dan cerdas dibanding dengan anak yang jarang makan makanan berprotein tinggi. Tumbuh cepat ditandai dengan badannya berisi, segar dan lebih gemuk serta tinggi. Sedangkan mempunyai daya tahan tubuh kuat biasanya ditandai dengan jarang sakit-sakitan dan aktif atau banyak beraktifitas/lincah. Kemudian cerdas ditandai dengan pandai di sekolah dan cepat tanggap terhadap pertanyaan.

Selain protein tersebut, lemak juga bermanfaat bagi tubuh manusia, yaitu sebagai simpanan energi/tenaga. Lemak yang terdapat dalam daging sapi berfungsi sebagai sumber energi yang padat bagi tubuh manusia, setiap gram lemak menghasilkan energi sebanyak 9 kkal. Selain itu lemak juga berfungsi bagi tubuh manusia untuk menghemat protein dan thiamin, serta membuat rasa kenyang yang lebih lama.

Sumber: http://cybex.deptan.go.id/penyuluhan/manfaat-daging-sapi-bagi-tubuh-manusia

Polling SDTI

Protein Hewani yang Paling Anda Suka:

Susu - 25.7%
Daging - 13.8%
Telur - 26.6%
Ikan - 33.9%

Total votes: 109
The voting for this poll has ended on: 31 Jul 2012 - 00:00

Who's online

We have 2 guests and no members online

Tell a Friend

Sponsor

Kontak Informasi

PT. Satrya Kreasi Artudi
Jl. Elang Raya No.5
Sawah Lama
Ciputat 15413
Tel: 021 74631915
Fax: 021 74631739
E-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengunjung

Hari iniHari ini15
KemarinKemarin15
Bulan iniBulan ini354
Total PengunjungTotal Pengunjung12319
IP Anda: 54.227.63.195